Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya menatap smartphone lama-lama

Bahaya mentap smartphhone lama


Gawaisiana - Halo sobat Gawai! Semoga tetap update untuk informasi teknologi terbaru. Kali ini admin Gawai akan membahas mengenai handphone. Tapi bukan membahas mengenai spesifikasi handphone yang dibahas. Melainkan efek dari menatap smartphone lama-lama.

Di era pandemi covid 19 ini, semua jadi serba digital. Tak heran kalau aktivitas yang tadinya bersifat offline dan berkumpul berubah menjadi online dan individu. Termasuk kamu yang duduk dibangku sekolah juga merasakan.  Belajar online dengan smartphone menjadi hal biasa

Setelah pandemi reda, sepertinya kebiasaan menatap  smartphone tidak berubah drastis. Karena aktifitas browsing untuk bekerja, sekolah, atau hiburan juga tetap jalan meskipun dari smartphone. Kira-kira apa dampak bahaya menatap smartphone lama-lama? 

1. Mata jadi mudah kering 

Semua anggota tubuh pasti perlu istirhat. Termasuk mata yang biasa kita gunakan sebagai indra visual.  Menatap layar smartphone dalam waktu lama bisa menyebabkan mata kering. 

Fakta ini diungkap dalam sebuah laporan yang dilakukan oleh BMC Opthalmology. Kondisi mata kering ini disebabkan oleh kemampuan mata dalam memprodukti air mata berkurang. 

Gejala penyakit ini adalah mata merah, sedikit bengkak. Untuk mencegahnya kurangi menatap smartphone dalam waktu lama.

2. Pusing 

Dampak dari mentap smartphone terlalu lama bukan hanya pada indra pengelihatan saja. Menatap smartphone terlalu lama juga bisa menyebabkan pusing. Hal ini terjadi karena mata terlalu lama menatap smartphone, leher dan mata akan tegang. 

Dalam kondisi pusing, sebaiknya kamu melakukan peregangan. Peregangan dilakukan beberapa menit. Jangan lupa juga alihkan pandanganmu ke tempat yang hijau dan minum air putih. Supaya pusingmu berkurang. 

3. Tangan Kaku

 Selanjutnya adalah tangan. Kebiasaan banyak orang adalah menggunakan tangannya dan yang aktif adalah jari jempolnya. Dan kalau lama-lama menggunakan smartphone, dampaknya bukan dijari saja, tapi sampai tangan.

Menurut studi yang dilakukan di Amerika Serikat, rata-rata orang menggunakan smartphonenya selama 5 jam.  Akibatnya adalah sindrom carpal tunnel. Sindrom ini menyebabkan peredaran darah tidak lancar, nyeri, dan kesemutan.

4. Leher menjadi kaku

Selain tangan kaku, menatap layar smartphone dengan waktu lama juga berdampak pada leher kita. Leher kita akan terpaku saat kita sibuk dengan smartphon. Tentunya menyebabkan tekanan pada tulang belakang. 
 
Apalagi bila posisi kita menunduk. Tekanan yang diberikan pada tulang belakang akan bertambah. Tak heran bila sudah menunduk lama, leher kaku juga berujung pada kepala pusing. 

5. Terkena sindrom metabolik

Dampak menatap smartphone terlalu lama tidak hanya terhadap anggota tubuh bagian luar. Organ-organ tubuh bagian dalam juga bisa terkena dampak. Dilansir dari hellosehat.com,  sindrom metabolik berasal dari pola makan yang tertunda. 
Tubuh bisa mengalami tenanan darah tinggi dan jadi malas bergerak

Post a Comment for "Bahaya menatap smartphone lama-lama"